Begini Cara menghitung redaman untuk FTTH yang paling gampang | Vinet

Begini Cara menghitung redaman untuk FTTH yang paling gampang


Begini Cara menghitung redaman untuk FTTH yang paling gampang

Begini Cara menghitung redaman untuk FTTH yang paling gampang

Kalo ane cara ngukur estimasi redaman yang akan sampai ke sisi pelanggan caranya seperti ini , pertama tama Cek pake OPM (Optical Power Meter) keluaran dari OLT (HIOSO) setelah di pasangin SFP nya berapa ?, misal nya +5db kemudian masuk ke Splitter 1:8 yang akan di jadikan ODC, trus ukur deh di ujung splitter tersebut pilih salah satu dari 8 cabang tadi, biasanya dapet -5.

Terus colokin lagi splitter 1:8 lagi dari ujung splitter yang pertama tadi yang ceritanya difungsikan sebagai ODC dan splitter yang kedua ini ceritanya sebagai ODP nya biasanya dapet kisaran -15 kok bisa?, biasanya setiap instrumen yang kita gunakan ada nilai yang mengurangi nilai redaman tersebut.

Seperti kabel patchcore itu memiliki nilai beban 3db, colokan adapter 3db, dan splitter 10db semua itu tergantu dari kualitas barang nya juga yah, jadi nilai penurunan ga pasti seperti yang ane bilang tadi diatas.

Tetapi dari pengalaman itulah nanti kita jadi tau mana barang tang kualitasnya baik dan yang engga. Jadi dengan cara ini kita dapat memprediksi nilai redaman hingga ke sisi pelanggan, artinya dari pelanggan yang pertama hingga yang paling ujung pun kita bisa tau nilai redaman yang bakalan di hasilkan hingga ke sisi pelanggan nya.

Oke deh segitu dulu pengalaman ane cara ngitung redaman nya, klo kurang jelas komen aja yah, ntar ane balas, terima kasih udah mampir ke blognya vinet

WhatsApp Hubungi kami