Pilih yang mana EPON atau GPON, Berikut ini perbandingan keduanya dalam berbagai aspek. | Vinet

Pilih yang mana EPON atau GPON, Berikut ini perbandingan keduanya dalam berbagai aspek.


Pilih yang mana EPON atau GPON, Berikut ini perbandingan keduanya dalam berbagai aspek.

Pilih yang mana EPON atau GPON, Berikut ini perbandingan keduanya dalam berbagai aspek.

Perbandingan produk EPON dan GPON

Sebagai dua anggota utama dari akses jaringan optik, EPON dan GPON memiliki kelebihan dan nilai sendiri. Berikut ini perbandingan mereka dalam berbagai aspek.


Kecepatan data

EPON dengan kecepatan unggah dan unduh tetap, 1,25Gbps, menggunakan pengkodean baris. Tetapi kecepatan data aktual adalah 1Gbps.

GPON mendukung beberapa tingkat laju, dan dapat mendukung kecepatan asimetris unggah dan unduh. Kecepatan unduh adalah 2.5Gbps atau 1.25Gbps, sedangkan kecepatan unggah adalah 1.25Gbps atau 622Mbps. Kita perlu memilih transceiver optik yang tepat sesuai dengan kebutuhan aktual tingkat unggahan dan unduhan.


Kesimpulan: GPON lebih baik dari EPON.


Rasio Berpisah

Split rasio berarti berapa banyak ONU (USER) yang dibawa oleh satu port OLT.

Rasio pemisahan EPON: 1:32

Rasio pemisahan GPON: 1:32, 1:64, 1: 128

 

Memang, sistem EPON juga dapat mencapai rasio pemisahan yang lebih tinggi secara teknis, seperti 1:64, 1: 128. Protokol kontrol EPON dapat mendukung lebih banyak ONU.

Split ratio terutama dibatasi oleh spesifikasi kinerja modul optik. Rasio pemisahan yang besar akan menyebabkan biaya modul optik yang jauh lebih tinggi. Selain itu, kerugian penyisipan PON adalah 15dB ~ 18dB. Rasio aplit yang besar akan mengurangi jarak transmisi.

 

Kesimpulan: GPON dapat menawarkan beberapa opsi, tetapi tidak memiliki kelebihan dalam hal biaya.


Transmisi Maks

Ketika rasio split 1:16, sistem GPON dapat mendukung jarak transmisi maks 20km; ketika rasio split adalah 1:32, GPON dapat mendukung jarak transmisi maks 10km.

EPON sama dengan GPON.

 

Operasi & Pemeliharaan OAM

EPON tidak memperhitungkan OAM, cukup mendefinisikan indikasi kesalahan jarak jauh, loopback dan pemantauan tautan untuk ONT. Dan itu adalah dukungan opsional.

GPON mendefinisikan PLOAM (Physical Layer OAM) pada layer fisik, dan OMCI (ONT Management and Control Interface) didefinisikan pada layer atas untuk melakukan manajemen OAM pada banyak layer. PLOAM digunakan untuk mengimplementasikan enkripsi data, deteksi status, deteksi kesalahan, dan fungsi lainnya. Protokol saluran OMCI digunakan untuk mengelola layanan yang ditentukan oleh lapisan atas, termasuk parameter fungsi ONU, jenis dan jumlah T-CONT layanan, parameter QoS, informasi konfigurasi permintaan dan statistik kinerja, dan menjalankan peristiwa yang secara otomatis memberi tahu sistem, untuk mengimplementasikan konfigurasi dan diagnostik kesalahan, manajemen kinerja dan keselamatan OLT ke ONT.

 

Kesimpulan: GPON lebih baik dari EPON.

 

 

Kesimpulan:

EPON dan GPON memiliki kelebihannya sendiri. GPON lebih baik daripada EPON pada indikator kinerja. Namun, EPON memiliki kelebihan dalam hal waktu dan biaya. GPON mengejar ketinggalan. Untuk pelanggan yang memiliki permintaan tinggi pada bandwidth, multi-layanan, QoS dan keamanan, dan membutuhkan teknologi ATM sebagai tulang punggung, GPON akan menjadi pilihan terbaik. Untuk pelanggan dengan permintaan biaya, QoS, dan keamanan yang rendah, EPON lebih baik bagi mereka.

WhatsApp Hubungi kami