Inilah Pengertian Pembelajaran Daring dan Luring | Vinet

Inilah Pengertian Pembelajaran Daring dan Luring


Inilah Pengertian Pembelajaran Daring dan Luring

Inilah Pengertian Pembelajaran Daring dan Luring

Daring adalah arti dari istilah online. Sebaliknya, istilah offline dalam bahasa Indonesia adalah luring. Kedua istilah tersebut belakangan ini santer terdengar. Terutama untuk menyebutkan apakah suatu kegiatan dilakukan secara langsung maupun virtual.

Istilah daring kerap digunakan setelah serangan pandemi COVID-19. Artikel ini akan menjelaskan lebih lengkap tentang apa itu daring dan apa saja perbedaannya dengan pembelajaran luring. Berikut ulasannya!

Pengertian Pembelajaran Daring dan Luring

Berdasarkan KKBI Kemendikbud Pusat, pembelajaran daring adalah aktivitas belajar yang terhubung jaringan internet. Aktivitas belajar, mengajar, mengumpulkan tugas, dan interasi guru dengan murid berlangsung tanpa tatap muka.

Sebaliknya, pembelajaran luring adalah aktivitas mengajar dan belajar yang sama sekali tidak terhubung dengan jaringan komputer dan internet. Pengertian itu selaras dengan arti luring itu sendiri yang artinya "luar jaringan."

Berdasarkan pengertian dari pembelajaran luring dan daring, dapat disimpulkan aktivitas belajar di sekolah mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Tentunya, sesuai kebutuhan guru dan murid serta dunia pendidikan secara umum.


WhatsApp Hubungi kami