Cara Menyambung Kabel Serat Optik yang Terputus | Vinet

Cara Menyambung Kabel Serat Optik yang Terputus


Cara Menyambung Kabel Serat Optik yang Terputus

Cara Menyambung Kabel Serat Optik yang Terputus

Terkadang kabel serat optik bisa terputus, baik karena alam misalnya gempa bumi atau ketidaksengajaan alat berat saat mengeruk tanah dimana tempat kabel serat optik ditanam.Kabel serat optik atau kabel fiber optik adalah kabel yang terbuat dari serat kaca atau plastik yang digunakan untuk mentransmisikan data internet dengan perambatan cahaya. Biasanya kabel serat optik dapat ditanam ditanah atau dipasang di tiang. Kecepatan data yang lewat dari sebuah kabel serat optik kira-kira sama dengan kecepatan cahaya yaitu 3,00 × 108 m/s.

Besar bandwidth yang dapat dilewatkan pada sebuah kabel serat optik hampir tidak terbatas, namun besar data yang dapat dilewatkan bergantung dari spesifikasi alat SFP dan Router yang pada kedua ujung kabel serat optik. Ini bervariasi antara 1 Gbps sampai 100 Gbps.

  1. kabel serat optik tersebut dikupas terlebih dahulu buffer nya dengan menggunakan pengupas kabel (wire stripper fiber optic cable) sehingga tampak bagian inti (core) nya, sepanjang sekitar 3 cm.
  2. Kemudian core tadi dibersihkan dengan menggunakan tissue yang dibasahi dengan sedikit alkohol agar bersih dari debu atau pengotor. Core tidak boleh dipegang karena sidik jari bisa menempel.
  3. Setelah dibersihkan, core dipotong dengan menggunakan alat pemotong khusus yang dinamakan dengan cleaver. Tidak bisa menggunakan gunting atau pisau biasa. Cleaver ini akan memotong dengan dengan sangat presisi, hasil potongannya benar-benar lurus dan tidak miring
  4. Core yang sudah oke tadi dimasukkan kedalam fusion splicer. Core A dan Core B dimasukkan pada chamber lalu dikunci dengan pengaitnya (clamps). Jangan lupa untuk memasukkan pembungkus sambungan corenya(fiber protection sleeve).
  5. .Penutup chamber ditutup, lalu ditekan tombol sambungkan. Nanti alat akan otomatis melakukan Align pada kedua core dan memanaskan keduanya sekaligus melakukan arc calibration. Lalu kedua core akan terlihat di layar. Perhatikan garis putih itu adalah corenya. 

WhatsApp Hubungi kami