Berikut ini Fungsi Splitter pada Fiber Optik yang wajib diketahui | Vinet

Berikut ini Fungsi Splitter pada Fiber Optik yang wajib diketahui


Berikut ini Fungsi Splitter pada Fiber Optik yang wajib diketahui

Berikut ini Fungsi Splitter pada Fiber Optik yang wajib diketahui

Terdapat beberapa fungsi splitter yang wajib anda ketahui. Splitter pada pon dapat dikatan pasif karena tidak memerlukan sumber energi eksternal dan optimasi tidak dilakukan terhadap daya yang digunakan terhadap pelanggan yang jaraknya berbeda dari pada node splitter.

Pada passive splitter sendiri merupakan optical fiber coupler yang secara sederhana dapat membagi sinyal optic menjadi berbagai macam path. Sinyal tersebut dikombinasikan dalam satu jalur tertentu sesuai dengan ketentuannya.

Selain itu, splitter juga dapat bergungsi sebagai rutekan dalam mengkombinasikan berbagai sinyal optic. Alat tersebut sedikitnya terdiri dari 2 port hingga bisa mencapai 32 port. Perlu menjadi perhatian, terdapat berbagai jenis yang berbeda dengan fungsi yang berbeda.

Pada jenisnya sendiri dapat diklasifikasikan pada berbagai gaya kemasan yang berbeda. Contohnya seperti 1 x 2, sampai dengan 2 x64. Hal tersebut dapat mempengaruhi cara kerjanya. Selain itu bisa diklasifikasikan juga oleh media transmisi.

Menurut media transmisi yang berbeda sendiri, terdapat pembagian optic dengan mode tunggal serta multimode. Pemabgian optic multimode mengoptimalkan untuk berbagai operasi yang berukuran 850nm sampai dengan 1310nm.

Terdapat klasifikasi yang lainnya juga, yaitu sebagai teknik manufaktur. Yang dimana didasari pada teknologi yang menyatukan sisi fiber dengan biaya yang lebih rendah. Terdapat perbedaan skala, yaitu 1:4, 1:8, sampai 1:34.

WhatsApp Hubungi kami