Lakukan NetInstall Ketika router mengalami gagal booting karena system corrupt | Vinet

Lakukan NetInstall Ketika router mengalami gagal booting karena system corrupt


Lakukan NetInstall Ketika router mengalami gagal booting karena system corrupt

Lakukan NetInstall Ketika router mengalami gagal booting karena system corrupt

Ketika router mengalami gagal booting karena system corrupt, perbaikan tidak dapat dilakukan dengan cara reset. Namun Anda harus melakukan Netinstall. Langkah ini mungkin menjadi langkah terakhir untuk pertolongan pertama pada router yang bermasalah. Netinstall adalah salah satu cara untuk melakukan install ulang router.

Untuk langkah  yang harus dilakukan saat netinstall, Anda bisa pelajari video berikut : http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=25


Beberapa router tidak memiliki port serial, sehingga kit tidak dapat mensetting BIOS router via serial console supaya booting via ethernet. Solusinya adalah dengan menggunakan tombol reset. Persiapannya hampir sama dengan video netinstall diatas, akan tetapi tanpa kabel serial. Untuk cara melakukan netinstall router tanpa menggunakan kabel serial, Anda bisa ikuti langkah berikut :


  • Cabut power adaptor router anda
  • Tekan tombol reset kecil yang ada di router anda, dan anda tahan.
  • Sambil tetap ditahan, anda nyalakan power adaptornya
  • Tunggu beberapa saat, nanti di program Netinstall anda akan muncul mac-address dari router anda. Selanjutnya, lakukan installasi seperti di video link sebelumnya.


Troubleshooting  diatas merupakan langkah awal sebelum Anda melakukan klaim garansi pada saat router mengalami kerusakan yang masih dalam taraf kerusakan ringan.  Dalam artian router masih menyala ketika dikoneksikan kabel power.  Jika tidak ada bunyi beep dan indikator LED ether mati atau Anda sudah mencoba semua langkah daiatas namun belum juga berhasil, silahkan isi formulis RMA untuk melakukan klaim garansi.

WhatsApp Hubungi kami