Bagus mana koneksi internet menggunakan radio wireless atau dengan yang menggunakan kabel | Vinet

Bagus mana koneksi internet menggunakan radio wireless atau dengan yang menggunakan kabel


Bagus mana koneksi internet menggunakan radio wireless atau dengan yang menggunakan kabel

Bagus mana koneksi internet menggunakan radio wireless atau dengan yang menggunakan kabel

Dalam jaringan, terdapat beberapa media yang digunakan sebagai penghubung. Media transmisi yang digunakan dalam jaringan komputer sebagai sarana penghubung ada dua macam, yaitu media transmisi menggunakan kabel (Wired Network) dan media nirkabel atau tanpa kabel (Wireless Network). Apa saja perbedaan dari kedua media transmisi tersebut?

Wired Network

Wired Network merupakan media transmisi yang menggunakan kabel. Media transmisi ini memiliki keterbatasan jangkauan dan banyak memakai tempat untuk jaringan kabel. Akan tetapi media transmisi ini memiliki kemampuan transfer data yang cepat, tingkat keamanan yang tinggi dan biasanya digunakan dalam area lokal, misalnya dalam satu gedung atau antar gedung. Kabel yang sering digunakan sebagai media transmisi antara lain: twisted pair, coaxial, fiber optic, dan sebagainya. Sedangkan,

Wireless Network

Wireless Network  memanfaatkan gelombang elektromagnetik sebagai komunikasi datanya. Wireless network atau media transmisi tanpa kabel ini memiliki keunggulan, salah satunya yaitu dapat diakses oleh pengguna dimanapun berada, namun kemampuan transfer datanya lebih kecil dibandingkan dengan jaringan kabel. Jika sumber data dan penerima data memiliki jarak yang jauh atau medannya sulit, maka bisa digunakan media transmisi radiasi elektromagnetik yang dipancarkan lewat udara terbuka berupa gelombang mikro dan gelombang radio.

Secara singkat perbedaan antara Wired Network dan Wireless Network adalah Wired network menggunakan kabel sebagai media transmisinya keamanan lebih tinggi dan kemampuan transfer data yang lebih cepat ketimbang wireless network, sedangkan wireless network memanfaatkan gelombang elektromagnetik namun lebih praktis karena dapat diakses dimanapun.

Gmedia menyediakan layanan internet dengan menggunakan media akses fiber optic ataupun wireless. Dengan berbagai macam pilihan product yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

WhatsApp Hubungi kami