Berikut ini Daftar Istilah dalam jaringan Fiber Optik FTTH | Vinet

Berikut ini Daftar Istilah dalam jaringan Fiber Optik FTTH


Berikut ini Daftar Istilah dalam jaringan Fiber Optik FTTH

Berikut ini Daftar Istilah dalam jaringan Fiber Optik FTTH

Aerial Distribusi : Kabel udara fiber optik yang diterminasi di ODC dan ODP Aerial Drop : Kabel udara fiber optik yang diterminasi di ODP dan OTP Jaringan Akses : Seluruh jaringan transmisi antara sentral lokal dan  terminal pelanggan. Jaringan Lokal Akses Fiber : Sekumpulan jaringan akses yang menggunakan kabel fiber optik. 

Kabel Distribusi : Kabel fiber optik yang diterminasi di ODC dan ODP

Kabel Drop : Kabel fiber optik yang diterminasi di ODP dan OTP

Kabel Feeder : Kabel fiber optik yang diterminasi di ODF dan ODC

Kabel Indoor : Kabel fiber optik yang diterminasi di OTP dan  Roset optik.

Kabel Duct : Kabel tanah yang dalam pemasangannya harus diletakkan dalam pipa-pipa dibawah permukaan tanah (STEL-K008 dan STEL-K009)

Kabel Tanam Langsung : Kabel tanah yang dalam pemasangannya ditanam secara langsung di bawah permukaan tanah (STELK-007) 

ODC (Optical Distribution Cabinet) : Tempat terminasi antara kabel feeder dan kabel distribusi

Optical Distribution Frame (ODF) : Titik terminasi kabel fiber optik, sebagai tempat peralihan dari kabel fiber optik outdoor dengan kabel fiber optik indoor dan sebaliknya. Fungsi lainnya sebagai titik koneksi perangkat ke ODN dan sebagai titik cross connect antara ODF-ODF. Wujud dari ODF adalah berbentuk rak dan dipasang di sisi sentral maupun disisi pelanggan (HRB). 

Optical Distribution Network (ODN) : Suatu jaringan transmisi kabel fiber optik antara perangkat OLT dan ONU.

Optical Line Terminal  (OLT) : Jenis perangkat aktif yang merupakan sub system dari Optical Access Network yang berdasarkan teknologi PON, berfungsi sebagai antarmuka sentral dengan jaringan yang dihubungkan ke satu atau lebih jaringan distribusi optik.

Optical Management : Merupakan   sistem   pendukung   kegiatan   operasi pemeliharaan dengan kemampuan untuk mengukur serta memonitor fluktuasi

Optical Network Unit  (ONU) : Jenis perangkat aktif yang merupakan sub system dari Optical Access Network yang berdasarkan kepada teknologi PON, berfungsi sebagai antarmuka pengguna dengan jaringan yang dihubungkan ke satu jaringan distribusi optik (ODN). Perangkat aktif yang ditempatkan di sisi jaringan/FTTC atau disisi pelanggan (FTTB/FTTH) yang masih membutuhkan perangkat tambahan untuk tiap layanan.

ONT (Optical Network Termination) : Perangkat aktif yang ditempatkan di sisi pelanggan dan telah dilengkapi port-port layanan (RJ-11,RJ-45, RF)

OTP (Optical Termination Premisis) : Tempat terminasi antara kabel drop dan kabel indoor

Optical Rosset : Merupakan perangkat tempat terminasi antara kabel indoor dan patchcord atau pig tail yang tersambung ke terminal ONT (Optical Network Terminal).

PIT : Lubang yang dibuat dengan ukuran tertentu sesuai kebutuhan yang digunakan untuk keperluan pekerjaan boring atau tempat jalur masuk kabel drop ke pelanggan. 

Passive Optical Network  (PON) : Salah satu jenis teknologi akses fiber optik yang menggunakan konfigurasi  Point to Multipoint.

Passive Splitter (PS) : Suatu perangkat pasif dalam suatu jaringan PON yang berfungsi sebagai pencabangan dari satu saluran fiber optik menjadi beberapa saluran fiber optik dan umumnya diletakan antara OLT dan ONU.

Patchcord : Seutas fiber optik berisi 1 (satu) core atau lebih yang mempunyai pelindung fiber sendiri dan dilengkapi 2 (dua) buah konektor pada kedua ujungnya.

Pigtail : Seutas fiber optik berisi 1 (satu) core mempunyai pelindung fiber sendiri dan dilengkapi hanya 1 (satu) buah konektor pada salah satu ujungnya.

WhatsApp Hubungi kami