Bagi kamu yang punya usaha jual beli online, Wajib punya official store | Vinet

Bagi kamu yang punya usaha jual beli online, Wajib punya official store


Bagi kamu yang punya usaha jual beli online, Wajib punya official store

Bagi kamu yang punya usaha jual beli online, Wajib punya official store

Bagi para pelaku UMKM kini mulai bosan atau jenuh berjualan di marketplace yang terlalu bersaing pada harga. Kini mereka mulai mencari alternative lain termasuk toko online. Lantas, apa itu website toko online? dan apa kelebihan berjualan online dengan menggunakan toko online?
Website toko online adalah website yang memiliki sistem e-commerce atau dapat digunakan untuk bertransaksi. Ini artinya, website tersebut selain harus dapat memuat penawaran produk, juga harus miliki manajemen persediaan, penghitung biaya kirim secara otomatis, dan pembayaran baik manual maupun otomatis (melalui Payment Gateway).

Dalam sebuah website toko online hanya ada 1 penjual, yakni anda sendiri, walaupun pada kenyataannya banyak produk teman yang Anda jual di website toko online tersebut. Ini salah satu perbedaan yang menonjol antara marketplace dengan toko online.

Sebuah website toko online akan memiliki halaman kategori dan halaman produk. Sama seperti di marketplace, ada tombol call-to-action (CTA) seperti tombol “Beli” atau tombol “Tambahkan ke Keranjang Belanja”. Dan ini merupakan perbedaan antara website online shop dengan website katalog produk.

Pada website toko online, pembeli langsung melakukan order di website Anda. Mulai dari memasukkan nama dan alamat kirim, memilih kurir pengiriman, hingga pembayaran.

Berapa Biaya Bikin Website Toko Online?

Pertama kita harus pahami apa saja yang dibutuhkan, antara lain:

  • Domain, sekitar Rp. 150.000 per tahun
  • Hosting 1 GB, sekitar Rp. 500.000 per tahun. Ini merupakan hosting yang dapat penuhi syarat agar situs e-commerce anda tetap stabil walau ribuan orang melakukan order pada saat yang bersamaan. Ini merupakan faktor penting.
  •  Platform toko online. Ini bisa gratis jika Anda dapat membuat sendiri.
  • Harga dapat berubah sesuai dengan kebutuhan anda.

Kesimpulan:

Pola perilaku konsumen semakin berpindah untuk membeli secara online, dan ini sudah tidak dapat kita pungkiri lagi. Otomatis, bagi siapapun yang tetap ingin eksis dalam berbisnis harus mulai menggunakan saluran online dalam berjualan.

WhatsApp Hubungi kami