BAB I

PENDAHULUAN

Kemajuan teknologi saat ini meningkat sangat drastis dikarenakan kebutuhan yang selalu meningkat khususnya dalam kebutuhan secara instan.

Seiring berjalannya waktu internet menjadi kebutuhan dasar masyarakat, dimana masyarakat sendiri menggunakan internet sebagai pekerjaan, belajar, dan berbelanja.

BAB I.2.

Visi

1. Solusi kebutuhan internet di sekitar perumahan.
2. Memberikan produk yang mudah dijangkau untuk semua kalangan.

BAB I.3.

Misi

1. Mendapatkan kepuasan dari pelanggan.
2. Menjadikan internet lebih baik untuk semua orang.
3. Memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.

BAB I.4.

Tujuan

Pemerataan dalam bidang teknologi dan memberikan solusi atas masalah ketersediaan jaringan yang tidak dapat dinikmati oleh masyarakat pedalaman.

BAB I.5.

Oprasional

Jam oprasional setiap hari dari pukul 08.00 sampai 17.00. Dibuka setiap hari karena tempat usaha berada di rumah, hal ini memudahkan pemilik usaha untuk selalu berada di tempat dan untuk memonitoring serta melayani keluhan pelanggan.

BAB II

TINJAUAN

BAB II.1.

Profil

Usaha ini diberi nama VINET.
Kami melayani berbagai macam produk IT sesuai kebutuhan masyarakat sehari-hari pada umumnya.

Saat memulai usaha ini awalnya perseorangan, dan sekarang bentuk usahanya sudah menjadi Perseroan Terbatas.

Namun pada tahap selanjutnya kami juga akan memberikan kesempatan kepada investor atau vendor lain yang ingin bekerja sama dengan kami.

Kepemilikan

BAB II.2.

Nama dan Alamat Usaha

Nama : VINET (PT.VIRTUAL NETWORK INDONESIA).
Alamat : Permata Regensi Blok H1/12 Bekasi 17520.
Telp : 021-883-29-633.

Nama dan Alamat Pemilik

Nama : Nurman Teguh Novianto.
Alamat : Permata Regensi Blok H1/12 Bekasi 17520.
Phone : 081510070000

BAB II.2.

Lokasi

VINET berlokasi di Komplek Permata Regensi Blok H1/12 Cibitung Bekasi 17520, dan berada di rumah pemilik, tepatnya berada di garasi yang diubah menjadi kantor.

BAB II.3.

Pemasaran

Strategi pemasaran yang dilakukan oleh VINET pada awalnya dengan mempromosikan kepada tetangga dan warga yang tinggal di sekitar komplek yang dekat dengan lokasi kami.

Tetangga terdekat hingga yang berbeda RT juga menjadi salah satu target pemasaran kami pada waktu itu.

Di kantor kami dilengkapi berbagai macam produk-produk kebutuhan yang akan digunakan untuk pemasangan serta perbaikan.

Branding dengan tulisan nama VINET juga dipasang untuk menunjukkan identitas kantor kami.

Dengan cara ini diharapkan warga sekitar komplek kami akan mengenali usaha kami .

BAB II.4.

Analisis


1.Kekuatan (Strength) atau kelebihan:
  • Target pasar mudah dijangkau karena produk yang kami tawarkan diperlukan sehari-hari.
  • Tempat strategis karena terletak di lingkungan perumahan.
  • Barang dapat disimpan dalam waktu yang relatif lama. Jadi tidak mudah rusak meskipun disimpan di tempat penyimpanan/gudang.
2.Kelemahan (Weakness):
  • Garasi yang dijadikan kantor berukuran tidak terlalu besar, sehingga kami harus menyewa rumah disekitar kantor kami untuk di jadikan gudang khusus untuk menyimpan stok barang-barang kami.
3.Kesempatan (Opportunity) atau peluang:
  • Harga yang kami tawarkan lebih murah sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan.
  • Pelayanan kami lebih cepat.
  • Brand/Merk kami lebih dikenal.
4.Ancaman (Threat):
  • Persaingan antar usaha ketat karena dalam satu kelurahan terdapat setidaknya 2 usaha sejenis.

BAB III

OPERASIONAL

BAB III.1.

Peralatan

Dalam kesehariannya, kami memiliki peralatan yang digunakan untuk mendukung kegiatan operasional:

Splicing 3 Unit
Tangga 12 Unit
OPM Meter Digital 1 Unit

BAB III.2.

Operasional

Kegiatan operasional dimulai jam 08.00. Biasanya kedua pegawai sudah membuka kantor sejak 07.45 untuk persiapan.

Lalu akan dilanjutkan dengan breafing teknisi hingga pukul 08.30. Pembelian barang untuk stok dilakukan secara berkala, sesuai dengan ketersediaan barang yang ada digudang.

BAB III.3.

Stok

Stok barang yang selalu tersedia digudang kami, diantaranya:

ONT Merk ZTE.
Spliter 1:8.
Box roset 8 core.
Protektor.
Head Shring 3mm.
Kabel FO 1, 2, 4, 6, 8 core Fig 8.
Converter gigabite 100/1000 include SFP.
Adaptor portable 12volt.
Patchcore.
Adapter jenis UPC.
FTP Cable Cat6.

BAB IV

BIAYA DAN PENDAPATAN

BAB IV.1.

Biaya

Biaya yang dikeluarkan untuk setiap pelanggan baru adalah sebagai berikut:

No Nama Harga
1 ONT Merk ZTE Rp.165.000
2 Patchcore Rp.10.000
3 Protektor Rp.1.500
4 Head Shring Rp.2.500

BAB IV.2.

Pendapatan

Pendapatan yang kami terima adalah dari pembayaran bulanan pelanggan sebagai berikut:

No Paket Harga
1 10Mbps Rp.175.000
2 15Mbps Rp.200.000
3 20Mbps Rp.225.000
4 25Mbps Rp.255.000

BAB V

PENUTUP

Usaha ini merupakan suatu peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Apalagi dengan adanya kondisi pandemi yang membatasi pergerakan masyarakat untuk keluar dari rumah atau melakukan kegiatan diluar rumah. maka dari itu usaha ini bisa menjadi solusi bagi permasalahan tersebut.

Silahkan hubungi WhatsApp kami jika anda berminat untuk bermitra dengan VINET

WhatsApp Hubungi kami