Teknisi wifi harus tau berapa Frekuansi Radio Wireless dan WiFi | Vinet

Teknisi wifi harus tau berapa Frekuansi Radio Wireless dan WiFi


Teknisi wifi harus tau berapa Frekuansi Radio Wireless dan WiFi

Teknisi wifi harus tau berapa Frekuansi Radio Wireless dan WiFi

Radio wireless menggunakan frekuensi khusus yang telah ditentukan dan menjadi standar internasional.Standar radio wireless ini yang menjadi kunci kompatibilitas dengan semua merek yang ada.Tujuan nya agar radio wireless dengan merek yang berbeda bisa saling berkomunikasi.

Frekuansi Radio Wireless dan WiFi

Frekuensi radio yang digunakan untuk jaringan sipil yang penggunaan nya dibebaskan (tanpa harus izin) adalah frekuensi 2.4GHz dan 5.8GHz.Perangakat nya pun dijual bebas dengan harga merakyat dipasaran.Perangkat yang digunakan untuk membuat jaringan WiFi dan Wireless RT RW net biasanya menggunakan frekuensi 2G dan 5G.Tidak sesederhana itu, walau frekuensi yang dipakai sama tapi harga dan kecepatan yang ditawarkan biasanya berbeda.Ini disebabkan karena standar teknologi yang dipakai, atau seri radio wireless nyaberbeda.

Simak standar radio wireless 802.11 yang umum beredar dipasaran agar kamu tidak salah beli.

WiFi 802.11b (11Mbps | 2.4GHz)

Perangkat WiFi dengan label 802.11b hanya mampu mentransfer data maximal 11Mbps dan beroperasi pada frekuensi 2.4GHz.Dijaman ini pastikan kamu tidak membeli perangkat WiFi dengan standar/label 802.11b karena sudah tergolong usang.

WiFi 802.11a (54Mbps | 5GHz)

WiFi dengan standar a menggunakan frekuensi 5GHz dan menghasilkan kecepatan maximal 54Mbps.Banyak perangkat yang tidak kompatible dengan standar a ini karena perbedaan frekuensi yang digunakan,beberapa vendor memberikan fitur hybrid 802.11a/b yang beroperasi di 2 frekuensi yang berbeda.Saya tidak menyerankan untuk membeli perangkat wifi dengan standar 802.11a untuk akses point hotspot mu karena sudah usang.

WiFi 802.11g (54Mbps | 2.4GHz)

Akhirnya lahir juga standar wireless g yang menggabungkan standar a dan b dimana pada perangkat wireless dengan standar 802.11g mampu menghasilkan kecepatan 54Mbps dan beroperasi pada frekuensi 2.4GHzPerangkat dengan standar ini masih bisa kamu gunakan untuk membuat jaringan wifi dirumah dengan client maximal 2-3 client,itupun saya jamin tidak lancar.

WiFi 802.11n (300Mbps 2.4GHz & 5GHz)

Perangkat Wifi dengan standar 802.11n menggunakan lebih dari satu antena sehingga bisa mendukung multi user input output (MIMO) sehingga kecepatan yang dihasilkan mencapai 300Mbps yang bisa beroperasi di frekuensi 2.4GHz dan 5GHzPerangkat wifi ini masih bisa kamu gunakan untuk membuat jaringan wifi rumah yang sederhana hingga 10 client denga penggunaan yang tidak intens.

WiFi 802.11ac (450Mbps 2.4GHz & 1300Mbps 5GHz)

Perangkat WiFi dengan standar 802.11ac sudah mendukung teknologi MIMO dan menghasilkan kecepatan maximal 450Mbps pada frekuensi 2.4GHz dan 1300Mbps pada Frekuensi 5GHz.Perangkat Wifi dengan standar ac harganya lumayan mahal ,dikomendasikan hanya untuk membuat jaringan WiFi hotspot dengan penggunaan yang intesive seperti :

  • kantor
  • kampus
  • sekolah
  • cafe
  • hotel
  • bandara
  • theater
  • atau tempat dengna pengguna padat.

Semua perangkat UniFi versi varu telah menggunakan standar 802.11ac untuk memaksimalkan bandwidth yang dihasilkan, jadi kamu wajib memilih yang sudah seri AC.

Teknologi Antena Wireless & WiFi

Baik WiFi ataupun perangkat wireless pada umumnya yang dirancang untuk Point to multi point (PTMP) baiknya gunakan yang sudah mendukung teknologi MIMO.

Tujua nya agar koneksi WiFi tetap stabil walau ada banyak perangkat yang terkoneksi ke Wireless AP.

MIMO

Multiple-Input Multiple-Output (MIMO) adalah teknologi Wireless yang menggunakan lebihdari satu antena transmiter untuk menerima dan mengirim lebih banyak data dalam waktu yang bersamaan.

Semua produk wireless dengan standar mulai 802.11n sudah mensupport teknologi MIMO untuk meningkatkan performa dan kecepatan data transfer melalui WiFi.Teknologi mimo ini juga ters berkemang sehingga ada varian nya yaitu MU-MIMO dan SU-MIMO

WhatsApp Hubungi kami