Cara Mempercepat Koneksi Internet | Vinet

Cara Mempercepat Koneksi Internet


Cara Mempercepat Koneksi Internet

1. Periksa dan bersihkan website yang dikunjugi

Cara mempercepat koneksi internet pc dan laptop adalah periksalah website yang dikunjungi. Pada umumnya, sebuah browser akan menyimpan cookies, cache dan history.

Ketiganya merupakan informasi seputar website yang dikunjungi sampai dengan password yang disimpan untuk masuk ke suatu situs.

Untuk itu, disarankan agar membersihkan ketiganya sebulan sekali agar koneksi internet pc atau laptopmu bisa berjalan dengan baik tanpa kendala apapun.

2. Jangan membuka tabs terlalu banyak

Cara mempercepat koneksi internet pc dan laptop yang kedua adalah jangan membuka tabs terlalu banyak. Terkadang karena tidak ingin menutup satu laman, membuka tab baru untuk mengakses halaman atau situs lain tidak jarang dilakukan.

Semakin banyak tabs yang dibuka sangat berpengaruh terhadap kinerja dari perangkat. Disarankan untuk tidak membuka tabs terlalu banyak dalam waktu yang bersamaan.

3. Pikirkan lagi untuk menambah add-ons pada browser

Cara mempercepat koneksi internet yang ketiga adalah pikirkan lagi untuk menambah add-ons pada browser.

Ada beberapa dari para pengguna PC yang menambahkan berbagai add-ons untuk browsernya hanya untuk terlihat keren. Hal tersebut ternyata justru membuat browser rawan crash dan error.

Ditambah lagi dengan mencoba mengotak-atik settingan di halaman "about config" browser. Apabila tidak terlalu mengerti, maka akan menjadi browser lamban dalam kinerjanya.

4. Perhatikan modem agar tidak terlalu panas

Cara mempercepat koneksi internet pc dan laptop yang keempat adalah perhatikan modem agar tidak terlalu panas. Bagi pengguna pc atau laptop yang mengambil jaringan internet dari modem, harap sering sering untuk mencek kondisi modem yang kamu miliki.

Ada kalanya dalam penggunaan dalam jangka waktu yang lama, modem akan menjadi panas. Dengan panasnya modem yang digunakan, maka secara otomatis akan membuat kinerja perangkat tersebut menjadi menurun.

Disarankan untuk mematikan komputer atau PC atau laptop yang digunakan dan melepas modem tersebut. Dinginkan untuk beberapa saat dan siap digunakan kembali seperti sedia kala.

5. Update anti virus

Cara mempercepat koneksi internet pc dan laptop yang kelima adalah update anti virus. Satu hal yang sering menjadi salah satu faktor penyebab kenapa PC atau juga browser menjadi lelet adalah serangan virus. Gunakan dan update selalu antivirus yang dipakai.

6. Telfon layanan internet yang kamu miliki

Cara mempercepat koneksi internet pc dan laptop yang keenam adalah menelfon layanan internet yang kamu milki. Karena besar kemungkinan memang lambatnya akses internet disebabkan oleh penyedia layanan.

Oleh karenanya hubungi penyedia layanan tersebut untuk menanyakan permasalahan tersebut. Atau bisa saja kamu lupa atau belum membayar layanan internet yang kamu miliki. Selalu memeriksa apakah paketan pulsa untuk internetan masih memadai atau sudah waktunya mengisi ulang.

7. Perhatikan ketinggian router Wi-Fi

Cara mempercepat koneksi internet pc dan laptop yang ketujuh adalah posisi router. Banyak orang yang tidak terlalu mempedulikan pentingnya meletakkan spot yang baik untuk router Wi-Fi mereka. Padahal tidak pas sedikit saja perbedaannya sudah sangat besar.

Ternyata ketinggian tempat meletakkan router jadi hal yang cukup penting dalam kecepatan koneksi. Jika Anda meletakkan router di belakang barang-barang yang berserakan, hal tersebut dapat memperburuk sinyal Wi-Fi.

Selain itu, beton, cor, atau metal adalah material yang sangat kuat untuk menghalau gelombang Wi-Fi, Jadi hindarkan meletakkan router Anda di area basement yang dikelilingi beton. Terkait posisi, makin jauh Anda dari sumber Wi-Fi, maka sinyal akan makin lemah. Cobalah untuk mendekat ke router jika sinyal mulai lemah.

8. Jumlah pengguna yang terlalu banyak

Sudah barang tentu jika satu koneksi digunakan oleh lebih banyak orang, lemot tak akan terhindarkan. Terlebih lagi koneksi digunakan untuk aktivitas internet berat seperti bermain game, atau streaming Netflix.

Selain itu, mengunduh file-file yang besar juga berpengaruh pada kecepatan koneksi. Jika Anda lebih butuh browsing ketimbang mengunduh, coba tunda dulu unduhan Anda dan nikmati koneksi yang pasti lebih cepat.

Banyaknya jumlah orang yang memakai koneksi internet mempengaruhi jumlah bandwith yang termakan.

WhatsApp Hubungi kami