Berikut ini ada 5 Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Internet | Vinet

Berikut ini ada 5 Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Internet


Berikut ini ada 5 Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Internet

Internet mempunyai kecepatan akses yang tidak selalu stabil. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi akses internet tersebut. Internet bisa dengan cepat mengirim data bahkan dalam hitungan detik saja. Namun, kecepatan juga bisa sangat lambat bahkan sampai berjam-jam. Berikut faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet.

1. Komputer atau Laptop
Perangkat keras atau komputer bisa menjadi penyebab cepat atau lambatnya kecepatan akses. Karena komputer mempunyai perangkat yang terdiri dari RAM, hardisk, dan prosesor yang mempunyai peran penting dalam sistem kerja komputer tersebut. Jika salah satu perangkat tersebut mempunyai kecepatan rendah, dapat mempengaruhi kecepatan akses internet yang menjadi lambat.

2. Modem
Modem merupakan faktor utama yang mempengaruhi kecepatan akses. Modem mempunyai spesifikasi yang bervariasi. Biasanya modem yang banyak digunakan mempunyai kecepatan 56 kbps. Sehingga kecepatan akses pada internet masih standar atau stabil. Jika kecepatan modem semakin besar maka kecepatan akses pun akan semakin cepat.

3. Bandwidth
Besarnya bandwidth juga dapat mempengaruhi kecepatan akses. Bandwidth mempunyai cakupan frekuensi yang digunakan oleh jaringan pada medium transmisi. Satuan bandwidth adalah Hertz. Semakin besar bandwidth yang digunakan, maka semakin cepat pula kecepatan akses pada internet.

4. Jaringan Komunikasi
Jaringan komunikasi mempunyai beberapa macam yaitu CDMA, GSM, GPRS, HSDPA, 3G, 4G, 5G dan line telephone. Setiap jaringan tersebut memberikan kecepatan akses yang berbeda-beda. Kecepatan jaringan internet paling rendah adalah line telephone. Sehingga Anda dapat menggunakan jaringan yang lebih tinggi seperti GSM agar kecepatan download dan upload lebih cepat.

5. Jumlah Pengguna
Jumlah pengguna yang mengakses internet juga mempengaruhi kecepatan akses. Saat pengguna mengakses internet secara bersamaan, kecepatan akses internet akan turun. Biasanya hal yang memperngaruhi kecepatan akses internet seperti ini terjadi pada jam kerja atau jam sibuk. Sehingga Anda dapat menghindari jam tersebut agar dapat mengakses internet dengan cepat dan stabil. Biasanya kasus seperti ini ditemui pada jaringan WiFi publik dimana semua orang bisa mengaksesnya, sehingga tidak ada batasan kecepatan wifi dari setiap pengguna internet.

WhatsApp Hubungi kami